Akustik Ruang pada sebuah Event Space

Hi Creative friends! 

Untuk mendapatkan hasil keluaran suara yang maksimal, akustik ruangan pada sebuah Event Space merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Saat kita mengeluarkan sebuah suara, baik yang datangnya dari sebuah instrument, atau sumber apapun, kita mengeluarkan gelombang suara, yang akan diserap maupun dipantulkan oleh berbagai permukaan. Cara Gelombang suara ini berinteraksi dengan ruanganlah yang menentukan akustik dari sebuah ruangan. 

Jika Event Space kita berbentuk open space dengan permukaan-permukaan yang keras, gelombang suara akan membutuhkan waktu untuk memantul kembali dan akan menimbulkan gema atau echo. Dan ketika seluruh suara ini terpantulkan di dalam suatu ruangan tertutup, gema yang berkepanjangan ini akan bertumpuk dan menimbulkan kesan bising. 

Semua masalah audio dapat timbul ketika event venue kita tidak diatur untuk mengatasi gelombang suara dari event yang kita jalankan. Jika kita tidak mengatur akustik ruangan yang baik pada event space kita, kita akan menemukan berbagai macam masalah audio pada event kita.

Bagaimana cara meningkatkan akustik ruangan pada sebuah event space?

Setiap Ruangan memiliki tantangan akustik masing masing. Berbagai macam faktor seperti ukuran dan bentuk ruangan, bahan material ruangan, struktur dan perabotan ruangan, dan event yang diadakan di dalam ruangan tersebut akan menentukan cara kita menangani masalah akustik. Pada umumnya, fokus utama kita adalah dengan memecahkan gelombang suara dan menyerapnya pada permukaan permukaan lainnya. Cara utama untuk melakukan hal ini adalah dengan acoustic panels, sound diffusers, dan furnishing lainnya. 

Detail kecil seperti memasang karpet, atau memasang furnish yang lembut dan lunak seperti sofa dan kursi akan meningkatkan akustik venue, tetapi Event venue harus dikerjakan dengan perabotan-perabotan akustik jika kita ingin mendapatkan hasil yang maksimal. 

Treatment Akustik

Untuk melakukan treatment akustik ruangan, ada berbagai jenis material yang memiliki karakteristik yang berbeda beda.

Kita bisa menggunakan material berpori dan memiliki densitas atau kepadatan yang rendah untuk menyerap dan merubah energi suara menjadi energi panas. Contoh material yang dapat menyerap suara adalah busa atau spons, busa telur, dan lain lainnya.

Busa telur akustik ruangan
Busa telur untuk menyerap suara

Untuk memantulkan suara, Kita dapat menggunakan material dengan permukaan yang keras untuk mengarahkan pantulan suara ke area lain di dalam ruangan. Dalam mengatur hal ini perlu diperhatikan agar tidak terlalu banyak permukaan keras didalam suatu ruangan supaya tidak menyebabkan masalah audio seperti gema, maupun pantulan-pantulan suara yang tidak diinginkan. Material ini seperti keramik, kaca, dan akrilik

Kaca akrilik untuk memantulkan suara akustik ruangan
Akrilik untuk memantulkan suara

Kita bisa juga menyebarkan suara ke segala arah dengan material keras dan bertekstur. Menggunakan panel panel akustik yang ditempel pada dinding ruangan untuk menyebarkan gelombang suara ke segala arah ruangan. 

Acoustic panel untuk akustik ruangan
Acoustic panel

Jadi itu tadi tentang Akustik ruangan dan material-materialnya. Akustik ruang yang baik pada sebuah event space akan sangat menentukan kesuksesan dan kelancaran acara kalian.

PIC Creative Space merupakan Event Space yang memiliki fasilitas lengkap, ceiling tinggi, dengan ruangan yang dibangun dengan acoustic treatment yang mumpuni. Kalian bisa lihat ruangan ruangan kami disini, atau book ruangan event kalian sekarang juga!

Baca juga: Ruangan event fasilitas lengkap Jakarta Selatan

© 2025 PIC Creative Space

Terms and conditions

A. JAM OPERASIONAL

  1. Jam operasional staff
    a. Selasa – Sabtu : 09.00 – 18.00 WIB
    b. Minggu – Senin : Libur
    c. Tanggal Merah : Libur
  2. Jam operasional event
    a. Senin – Minggu : 24 Jam

B. TATA CARA PEMESANAN

  1. Pihak penyewa wajib melakukan survey venue sebelum melakukan pemesanan untuk melihat layout ruangan secara langsung.
  2. Setelah survey venue dilakukan, pihak penyewa wajib melakukan pengecekan status ketersediaan ruangan, tanggal dan jam yang diinginkan secara berkala melalui website http://piccreativespace.id.
    • Survey venue hanya dapat dilakukan di jam operasional staff dan wajib untuk membuat janji agar tidak bentrok dengan kegiatan lainnya.
    • Durasi survey venue max. 1 jam, sudah termasuk keterlambatan dari pihak penyewa untuk tiba di PIC Creative Space.
  3. Apabila pihak penyewa sudah cocok, diharuskan untuk melakukan proses booking melalui website yang disertai dengan pembayaran full payment.
  4. PIC Creative Space tidak memberlakukan sistem down payment (DP).
  5. Jadwal yang sudah di booking melalui website tidak dapat DIBATALKAN / DI-RESCHEDULE / DI-REFUND, kecuali jika terjadi keadaan kahar (force majeure).
  6. Setelah pihak penyewa selesai melakukan proses booking melalui website, staff kami akan menghubungi pihak penyewa untuk melakukan Technical Meeting.
  7. Tambahan lainnya (seperti: manpower untuk lighting, biaya kebersihan, dll) di luar dari penyewaan ruangan akan dibicarakan pada saat Technical Meeting.
  8. Jika ada tambahan lainnya yang harus dibayarkan oleh pihak penyewa (seperti: manpower untuk lighting, biaya kebersihan, dll), maka PIC Creative Space akan mengeluarkan invoice secara terpisah setelah Technical Meeting dan pihak penyewa wajib melunasi pembayaran atas invoice tersebut sebelum event berlangsung.

C. AKSES VENUE & OVERTIME

  1. Pihak penyewa dapat memasuki ruangan sesuai dengan jam sewa yang telah di booking melalui website. Sebagai contoh;
    • Jika pihak penyewa melakukan booking di website pukul 09.00 – 13.00 WIB,  maka pihak penyewa baru bisa memasuki ruangan pukul 09.00 WIB
    • Jika pihak penyewa sudah tiba di PIC Creative Space dari pukul 08.00 WIB namun jam yang telah di booking melalui website adalah pukul 09.00 WIB, maka pihak penyewa masih harus menunggu sampai waktunya tiba untuk memasuki ruangan yang telah di sewa.
  2. Biaya overtime akan dikenakan secara langsung apabila event belum dapat selesai sesuai dengan jam sewa yang telah di booking melalui website. Sebagai contoh;
    • Jika pihak penyewa melakukan booking di website pukul 15.00 – 18.00 WIB, maka event sudah harus selesai dan area sudah harus clear pukul 18.00 WIB.
    • Overtime akan dihitung dari pukul 18.01 – 19.00 WIB dengan hitungan per jam.
  3. Overtime berlaku untuk seluruh item yang telah disewa oleh pihak penyewa kepada PIC Creative Space, seperti; ruangan, manpower, kamera, dll.
  4. Overtime wajib dibayarkan sebelum pihak penyewa meninggalkan venue.
  5. Pihak penyewa tidak dapat melakukan overtime apabila terdapat kegiatan lainnya setelah jam sewa yang telah di booking melalui website.
  6. Biaya overtime ruangan mengikuti harga normal dari tiap ruangan dan biaya overtime manpower dikenakan Rp 100.000,- per manpower per jam.

D. TECHNICAL MEETING

  1. Pihak penyewa wajib melakukan 1 kali technical meeting bersama staff dari PIC Creative Space dan seluruh mitra kerja yang ditunjuk yaitu vendor, catering, photographer, videographer, pemain musik, manpower, panitia acara/event organizer, dan pihak lainnya yang terlibat.
  2. Technical meeting hanya dapat dilakukan di jam operasional staff dan wajib untuk membuat janji agar tidak bentrok dengan kegiatan lainnya.
  3. Technical meeting dapat dilakukan dengan 2 cara; ONSITE & ONLINE, sehingga pihak penyewa perlu memilih satu dari kedua cara tersebut.
  4. Durasi technical meeting max. 2 jam, sudah termasuk keterlambatan dari pihak penyewa untuk tiba di PIC Creative Space (jika onsite) atau join melalui zoom meeting (jika online).
  5. Technical meeting bukanlah rehearsal, sehingga tidak diperbolehkan menyalakan AC dan alat lainnya seperti multimedia, lighting, sound system, TV, dll.
  6. Technical meeting bukanlah gladi resik atau gladi bersih, sehingga tidak diperbolehkan melakukan persiapan atau latihan tertentu selain dari technical meeting dengan PIC Creative Space.
  7. Apabila pihak penyewa tidak melakukan technical meeting maka segala resiko menjadi tanggung jawab dari pihak penyewa.
  8. Hasil kesepakatan saat technical meeting menjadi acuan kerja bersama seluruh pihak.
  9. PIC Creative Space tidak bertanggung jawab atas perubahan yang dilakukan oleh pihak penyewa atau seluruh mitra kerja di luar dari hasil technical meeting.

E. LOADING IN & LOADING OUT

  1. Jam loading
    • Loading normal dari pukul 18.00 – 22.00 WIB, dan dikenakan biaya Rp 1.000.000,- per loading.
    • Loading overtime dari pukul 22.00 – 05.00 WIB, dan dikenakan biaya Rp 500.000,- per jam.
  2. Loading normal dan loading overtime akan dihitung setelah event terakhir pada hari loading tersebut selesai, dan jika tidak ada event terakhir maka akan dihitung setelah jam operasional staff selesai, yaitu pukul 18.00 WIB.
  3. Selama proses loading berlangsung, tidak diperbolehkan untuk menyalakan AC dan lain-lainnya seperti; tv, kamera, multimedia, lighting, dan sound system.
  4. Listrik lampu atau alat penerangan akan menyala sesuai dengan kesepakatan jam loading.
  5. Jadwal yang sudah di booking untuk melakukan loading tidak dapat DIBATALKAN / DI-RESCHEDULE / DI-REFUND, kecuali jika terjadi keadaan kahar (force majeure).

F. PAJAK

  1. PIC Creative Space / PT Pilar Inspirasi Citra merupakan perusahaan NON PKP yang tidak menerbitkan Faktur Pajak (PPN).
  2. Pajak yang dikenakan adalah Pajak PPH Final Pasal 4 Ayat 2 atas sewa tempat dan bangunan (Withholding Tax).
  3. Bukti pembayaran pajak akan diberikan oleh PIC Creative Space kepada pihak penyewa setiap sebelum tanggal 15 di bulan berikutnya setelah pihak penyewa melakukan pembayaran.

G. TATA TERTIB PENGGUNAAN PIC CREATIVE SPACE

  1. Biaya kebersihan sebesar Rp 300.000,- per ruangan akan dikenakan secara langsung kepada pihak penyewa jika membawa makanan dan minuman dari luar dan dinikmati di dalam ruangan (diluar dari free flow mineral water yang disediakan oleh PIC Creative Space sebagai fasilitas).
  2. Listrik yang disediakan oleh PIC Creative Space adalah sebesar 8.000 WATT (FOV) untuk digunakan oleh pihak penyewa tanpa adanya penambahan.
  3. Wajib menjaga kebersihan selama berada di PIC Creative Space.
  4. Wajib menjaga kebersihan toilet, mushola, area lobby, area merokok dan area parkir selama berada di Gedung Wisma Staco.
  5. Tidak diperbolehkan membawa, memindahkan dan merubah peralatan milik PIC Creative Space.
  6. Tidak diperbolehkan merusak, memaku dan menempelkan sesuatu yang meninggalkan bekas di seluruh area PIC Creative Space dan di lingkungan Gedung Wisma Staco.
  7. Tidak diperbolehkan meninggalkan atau membuang spanduk dan papan bunga di tempat sampah PIC Creative Space atau Gedung Wisma Staco.
  8. Tidak diperbolehkan merokok dan vaping di seluruh area PIC Creative Space dan di lingkungan Gedung Wisma Staco.
  9. Tidak diperbolehkan memasak di seluruh area PIC Creative Space dan di lingkungan Gedung Wisma Staco.
  10. Tidak diperbolehkan membawa senjata api atau senjata tajam, minuman beralkohol, obat-obatan terlarang di seluruh area PIC Creative Space dan di lingkungan Gedung Wisma Staco.
  11. Tidak diperbolehkan menggunakan nama, nomor dan alamat PIC Creative Space untuk kepentingan pribadi tanpa adanya informasi dan kesepakatan dengan PIC Creative Space.
  12. Tidak diperbolehkan menggunakan saluran atau stop kontak listrik diluar dari yang telah ditentukan tanpa seizin PIC Creative Space.
  13. Area parkir motor, mobil dan sepeda dari PIC Creative Space terdapat di dalam area gedung Wisma Staco, sehingga pihak penyewa harus mengikuti seluruh peraturan yang ditetapkan oleh pihak Gedung Wisma Staco.
  14. PIC Creative Space tidak memiliki toilet dan mushola, sehingga pihak penyewa bisa menggunakan toilet dan mushola yang disediakan oleh pihak Gedung Wisma Staco dan mengikuti seluruh peraturan yang ditetapkan oleh pihak Gedung Wisma Staco.
  15. Kegiatan Berlangsung Sesuai Pemesanan
    • Akses pihak penyewa untuk memasuki ruangan akan dibuka sesuai dengan jam sewa yang telah di booking melalui website.
    • PIC Creative Space tidak memberikan waktu lebih di awal dan di akhir untuk pihak penyewa melakukan loading in/out atau persiapan lainnya.
    • Persiapan dari pihak penyewa termasuk dalam jam sewa, sehingga pihak penyewa wajib menambah jam sewa yang di booking melalui website jika membutuhkan waktu lebih untuk loading in/out atau persiapan lainnya.
    • PIC Creative Space tidak menerima titipan barang dalam bentuk apapun untuk diletakkan di dalam atau di luar ruangan sebelum atau sesudah jam sewa yang telah di booking melalui website.
  16. Pihak Penyewa Membawa Vendor Pribadi atau Mitra Kerja Lainnya
    • Pihak penyewa bertanggungjawab atas kecelakaan maupun kelalaian dari vendor atau mitra kerja lainnya, dan PIC Creative Space akan meminta ganti rugi kepada pihak penyewa atas kerugian yang diakibatkan oleh vendor vendor atau mitra kerja lainnya.
    • Pihak penyewa bersama vendor atau mitra kerja lainnya wajib membersihkan semua sampah yang ditimbulkan (termasuk spanduk atau papan bunga) dan membuangnya ke tempat sampah utama di lingkungan Gedung Wisma Staco.
    • Pihak penyewa bersama vendor atau mitra kerja lainnya tidak diperbolehkan melakukan dekorasi di luar dari pembahasan yang sudah disepakati saat technical meeting.
    • Pihak penyewa bersama vendor atau mitra kerja lainnya tidak diperkenankan merusak, memaku, menempelkan sesuatu yang meninggalkan bekas di karpet, lantai, tembok, peredam suara, gordyn, kaca, pintu, interior dan peralatan atau perlengkapan lainnya yang terdapat di venue. Kelalaian yang mengakibatkan kerusakan akan dikenakan ganti rugi sebesar biaya perbaikan.
    • Pihak penyewa bersama vendor atau mitra kerja lainnya hanya bisa menggunakan ruangan sesuai dengan jam sewa yang telah di booking melalui website dan tidak diperbolehkan menggunakan area lain di PIC Creative Space dan di lingkungan Gedung Wisma Staco.
    • Pihak penyewa bersama vendor atau mitra kerja lainnya dilarang membawa, memindahkan dan merubah peralatan milik PIC Creative Space.
    • PIC Creative Space tidak menerima titipan barang dari vendor atau mitra kerja lainnya dalam bentuk apapun untuk diletakkan di dalam atau di luar ruangan sebelum atau sesudah jam sewa yang telah di booking melalui website.
    • Pihak penyewa bersama vendor atau mitra kerja lainnya wajib mematuhi tata tertib dan peraturan yang berlaku di PIC Creative Space.