Hi Creative friends!
Promosi event kalian merupakan langkah yang penting untuk menjauhkan kita dari membuat event yang sangat menarik tetapi dengan sedikit atau bahkan tidak ada orang yang hadir, atau bahkan tidak ada tau event kita sedang berlangsung. Untuk memastikan event kita berhasil, promosi event tidak kalah pentingnya dengan event planning. Dari content, email marketing, hingga iklan, dan social media marketing, ini adalah beberapa tips dari kami untuk mempromosikan event kalian!
Baca juga: Event planning
Mengapa mempromosikan event kita penting?
Sebagai seorang event planner, tidak salah untuk kita berpikir bahwa jika seseorang tertarik dengan apa yang disampaikan oleh event kita, mereka akan datang dengan sendirinya. Tetapi mereka pun tidak akan datang ke event kita jika mereka tidak pernah mendengar tentang event kita.
Apa yang perlu dipertimbangkan sebelum mempromosikan event kita?
Kita harus mencoba melihat event kita seperti bentuk marketing pada umumnya. Kita harus melihat tujuan dan cara berpikir orang-orang yang berpotensi untuk hadir ke dalam event kita.
Mulailah dengan memikirkan media yang akan kita pakai untuk mempromosikan event kita. kita dapat menggunakan google, SEO, Website, Sosial media, dan masih banyak lainnya. Tujuan utama dari promosi event kita adalah bagaimana kita bisa menyeimbangkan banyak orang yang yang dicapai oleh promosi kita dan jumlah orang yang akhirnya akan datang.
- Memahami target audience
untuk mempromosikan event kita, kita harus mengerti kepada siapa event kita harus tersampaikan, kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan, interest mereka, dan bagaimana membuat mereka tertarik untuk menghadiri event kita.
Mungkin event kita akan menyuarakan hal-hal baru yang tidak semua orang akan tertarik, maka kita bisa membuat segmen tertentu, hanya mempromosikan event kita kepada orang-orang yang mungkin akan tertarik dengan event kita, atau membutuhkan produk kita. Pembagian ini akan membantu kita untuk menyaring orang-orang yang akan kita capai agar lebih terarah.
- Menentukan KPI yang spesifik
Setelah kita mengetahui target audience yang kita tuju, saat melakukan planning event kita, kita harus bisa mendefinisikan arti “sukses” bagi event kita.
Apakah event kita sukses jika banyak orang yang datang? Apakah event kita sukses jika followers social media kita mencapai angka tertentu?
Apakah dengan mencapai jumlah penjualan tiket tertentu?
Atau dengan banyaknya orang mendaftar ke program kita.
Kita bisa melihat hal-hal ini dengan menentukan KPI atau Key Performance Indicators, yang merupakan ukuran dari kesuksesan event kita.
Contoh KPI yang spesifik bisa berbentuk seperti:
- 500 orang yang menghadiri event
- Mendapatkan 200 Followers baru di Sosial media (Instagram, Tiktok, Dll)
- 25 orang baru mendaftar menjadi member
Setelah kita mengerti KPI kita akan sangat mudah menentukan kemana arah promosi kita sebelum, sementara event berlangsung, dan setelah event berlangsung. Apakah promosinya berbentuk social media marketing, melalui email, atau secara langsung kepada organisasi” tertentu
Langkah-langkah untuk melakukan promosi event
Hal pertama yang dapat kita lakukan untuk merancangkan promosi event adalah dengan cara membuat timeline untuk yang akan kita lakukan berkaitan dengan waktu event
3-6 Bulan sebelum Event : Awareness
Di 3-6 bulan pertama kita akan berfokus untuk meningkatkan awareness orang atas event branding yang akan kita jalankan. Selama waktu ini kita dapat berfokus pada bagaimana kita dapat mencapai orang sebanyak-banyaknya melalui berbagai media seperti:
- Menaruh event kita pada website” dan media media online
- Membuat event page, atau promosi di Facebook, groups, dan lain lain
- Membuat website/landing page khusus untuk event kita
- Mengirim pengumuman melalui email dan social media marketing
- Memberikan “early bird” discount
- Membuat tagline dan Branding event
Baca juga : Tips Branding event
2 bulan sebelum: Attendance
Saat waktu event semakin dekat, kita harus lebih memfokuskan kinerja kita kepada beberapa poin poin seperti:
- Membuat iklan di berbagai sosial media seperti Youtube, Facebook, Instagram dan media-media lainnya
- Mengirim email secara personal
- Menjual tiket dengan harga yang sudah normal
- Membuat berbagai strategi marketing seperti giveaway, endorsement, dan lain lain
1 Bulan sebelum: hosting
1 bulan mungkin terlihat lama, tetapi untuk persiapan sebuah event waktu akan berlalu dengan sangat cepat. Di momen ini kita harus melakukan remarketing, pada sosial media, email, dan media-media lainnya. Tujuan utamanya adalah mendorong orang-orang yang belum mendaftar, atau menunda” pembelian tiket untuk segera mendaftar dan membeli tiketnya
1 Minggu sebelum
- Mengirimkan email dan promosi (last call) untuk mendorong lebih banyak orang
- Melakukan post setiap hari pada social media (Event countdown)
- Mulai memposting Behind The Scenes (BTS) persiapan event
Hari-H
- Last minute reminder dan update
- Membagikan foto, video, dan lain lain dengan menggunakan judul dan hashtag-hashtag kita
- Mengambil dokumentasi sebanyak-banyaknya untuk konten konten kedepannya
- Mengambil komentar, atau testimoni dari para peserta event
Tentu saja timeline ini hanya bersifat template yang dapat berubah-ubah dan disesuaikan dengan kebutuhan event kalian masing-masing. Setidaknya kalian bisa memiliki gambaran tentang apa yang harus kalian lakukan untuk promosi event kalian!
Ngomong-ngomong soal event promotion, PIC Creative Space sedang mengadakan promosi buat kalian para event maker dan event planner semuanya loh!
Kalian bisa mendapatkan event venue GRATIS untuk event yang kalian buat. Baca artikerlnya disini!