Hi Creative friends!
Setelah menentukan target audience kita, tujuan yang akan kita capai, dan bagaimana menentukan tingkat kesuksesan event kita, meskipun banyak cara untuk mempromosikan event kita, melakukan terlalu banyak sekaligus akan memberikan tekanan yang berlebihan kepada tim kalian. Sesuaikan promosi dengan kemampuan tim kalian.
Ada banyak opsi yang dapat dilakukan untuk melakukan promosi event, dari hanya mempostnya di sosial media, hingga membuat strategi SEO, beriklan dan lainnya.
Berikut adalah 5 langkah efektif untuk promosi event menurut PIC Creative Space:
- Post event pada website
Tempat pertama untuk mempromosikan event kita adalah pada website kita sendiri. Sehingga saat orang mencari event di sekitar mereka, mereka akan menemukan kita secara online. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuat landing page.
Landing Page adalah sebuah halaman dimana semua pengunjung Event dapat melihat segala macam detail event kita, mulai dari tempat, waktu penyelenggaraan, bahkan hingga guest star maupun tamu-tamu penting lainnya. Landing Page akan menjadi link yang kita berikan kepada orang ketika kita mau mempromosikan event kita juga. Adanya landing page ini juga akan memberikan kredibilitas lebih bagi kita dalam menjalankan event kita
- Mulai mempromosikan event lewat konten sosial media
Tentunya di zaman ini tidak ada promosi event yang lengkap tanpa penggunaan social media. Beberapa hal yang harus menjadi perhatian kita saat melakukan social media marketing antara lain:
- Membuat Branding dan hashtag
Branding dan Hashtag adalah salah satu poin kuat dalam Social Media Marketing. Hal ini juga akan menentukan kesan pertama bagi orang orang, dan menarik tidaknya event kita bagi orang yang melihat iklan kita.
Baca juga: Event Branding
- Post didalam group dan komunitas
Salah satu strategi dalam social media marketing adalah dengan mencari grup dan komunitas yang relevan dengan event yang kita jalankan. Cobalah untuk bergabung dengan grup ini jauh sebelum event kita dimulai sehingga kita bisa membagikan promo-promo dan hal-hal yang mungkin akan menarik perhatian orang orang yang ada di dalam grup tersebut
- Bekerja sama dengan speaker, artist, maupun influencer
Untuk menarik perhatian event kita, pastinya kita akan mengundang guest star seperti artist, influencer, maupun orang-orang terkenal lainnya. Tentukan hal ini secepat mungkin dan berpartnerlah dengan mereka untuk mempromosikan event kita supaya kita dapat menjangkau lebih banyak orang. Dalam hal ini, mengundang influencer dengan pengikut social media yang besar juga memungkinkan kita menjangkau komunitas dan followers mereka juga.
- Giveaway
Giveaway, meskipun tidak selamanya menguntungkan bagi kita, tetapi hal ini juga akan memperbanyak engagement dari social media kita. Jadi apa yang akan kalian giveaway? Free tiket? Free service kita? Pastikan hadiah giveaway kalian menarik ya!
- Mengoptimalisasikan SEO (Search Engine Optimization)
Salah satu cara untuk mengoptimalisasi blog dan konten youtube kita adalah dengan menggunakan strategi SEO yang kita buat untuk event kita. Sekarang ini banyak tools yang mudah digunakan untuk melakukan research keyword seperti keyword.io, ahrefs, dan lainnya, kalian bisa menggunakannya untuk mengoptimalisasikan strategi SEO kalian.
- Membuat iklan
Tidak semua orang yang tertarik pada event kita sudah berada di dalam komunitas kita. Oleh karena itu selain hanya melalui email dan social media, kita juga dapat mengiklan lewat search engines seperti Google, atau melalui iklan dari platform platform lain seperti Facebook, X, instagram, dan lainnya supaya event kita dapat “dilempar” pada lebih banyak orang di platform tersebut.
- Melakukan post-event promotion
Promosi event tidak berhenti setelah event kita selesai. Mengingatkan orang-orang tentang memori keberhasilan event kita juga akan menjadi strategi promosi yang baik. Hal ini juga bisa menjadi batu lompatan bagi event kita berikutnya. Kalian bisa melakukan post di social media kalian tentang keseruan-keseruan event kalian, mengirimkan email terimakasih kepada peserta event, Melakukan survey, dan banyak hal lainnya
Baca juga: Event di PIC Creative Space
Jadi itu tadi 5 langkah efektif promosi event kalian dari PIC Creative Space. Kira-kira mana yang bisa kalian terapkan untuk event kalian?