Hi Creative friends!
Mengetahui kekuatan dari Branding adalah kunci kesuksesan dari sebuah event. Ketika dilakukan dengan baik, Branding akan membuat event kita stand out dan berbeda dari event event serupa, bahkan dapat membuat orang mengenali event atau brand kalian tanpa menyebutkan nama.
Apa itu Event Branding?
Branding pada umumnya adalah proses melakukan periklanan, design, dan pesan yang creative dan saling berkesinambungan satu dengan yang lainnya, yang akan menolong brand event kita berbeda dari event-event serupa lainnya
Elemen Event Branding
Ada sangat banyak elemen yang dapat mendukung event branding. Untuk keberhasilan brandig sebuah event, semua elemen ini harus saling berkesinambungan satu sama lain agar dapat menciptakan satu pengalaman yang unik bagi orang-orang yang menghadiri event kalian. Ini dia beberapa Elemen branding event yang harus kalian perhatikan
- Logo
Jika kalian membuat event untuk suatu perusahaan, atau bisnis yang mempunyai satu logo tertentu, kalian harus mempertimbangkan untuk membuat logo event yang berbeda, namun tetap berkesinambungan satu dengan yang lainnya. Mungkin dengan bentuk-bentuk tertentu, warna, maupun icon yang akan mengingatkan orang-orang dengan brand dari bisnis, organisasi, maupun perusahaan yang mengadakan event, tanpa mengurangi kreativitas kalian dalam membuat logo.
- Design
Warna, gambar, dan type fonts yang kita gunakan adalah salah satu elemen yang penting dalam kesuksesan branding event kita. Kita harus memiliki branding guide supaya setiap elemen design tetap dapat konsisten pada semua platform, brand, dan tempat peletakan. Meskipun kita harus mengutamakan design yang creative, tetapi kita tetap harus menjaga semuanya agar tetap konsisten dan berkesinambungan.
Jangan sampai poster design kalian memiliki design yang berbeda antara website dan social media kalian. Ini menjadi tantangan bagi para designer event kalian untuk tetap mendahulukan design yang creative, namun juga tetap menjaga kesinambungannya. Pembuatan design yang creative juga akan menunjang keberhasilan event kalian.
Pelajari Lebih lanjut: Tips Design Event poster creative
- Tema
Tema dari event kita biasanya berbentuk dalam tagline, atau subtitle dari judul event kita itu sendiri.
Tema event akan mengkomunikasikan goal dan tujuan dari event yang kita jalankan hanya di dalam beberapa kata tanpa perlu orang mencari tahu sendiri tentang event kita. Tentunya sepanjang acara tagline dan tema ini yang akan terus diulang-ulang dan dikomunikasikan kepada semua yang hadir, dengan harapan tujuan dan pesan dari event kalian dapat tersampaikan dengan baik. Pastikan kalian memilih kata-kata yang paling dapat menggambarkan event kalian ya!
- Pesan
Pesan dari event kalian adalah elemen akhir yang harus kalian pertimbangkan dengan baik didalam strategi kalian. Kalian harus dapat menjelaskan tone, dan gambaran garis besar target event kalian. Apakah bersifat elegan dan “high class”, tentang pendidikan, charity, atau yang lainnya?
Pemilihan kata-kata dan pesan yang kalian gunakan dalam event kalian, dalam tagline, poster, dan keseluruhan keperluan branding event harus dapat mengekspresikan dengan lebih jauh tujuan akhir dari event kalian. Kalian juga dapat menuangkan kreativitas kalian seperti menggunakan kata-kata yang catchy untuk event yang menyasar anak muda, namun menggunakan bahasa yang lebih formal untuk event yang bersifat formal
Kesimpulan
Event branding merupakan bagian yang sangat penting dalam menciptakan pengalaman yang dapat menyentuh orang-orang yang datang ke event kalian. Jika dilakukan dengan baik, creative event branding dapat menciptakan koneksi antara peserta dan event kalian, sehingga mereka akan terus menanti-nantikan event selanjutnya meskipun event kalian telah selesai.
Baca juga: Tips membuat event kreatif