Hi Creative Friends!
Siapa disini yang suka memperhatikan detail? Ketika kamu mengikuti sebuah event, kamu suka memperhatikan keseluruhan mulai dari segi venue hingga konsep acara. Apakah kamu memiliki keinginan menjadi seorang event planner tapi belum tau caranya? PIC Creative Space di Jakarta ingin mengajak creative friends semua untuk belajar bagaimana sih cara menjadi event planner yang sukses?
Pertama-tama, apa sih event planner itu?
Event planner atau perencana acara adalah seseorang atau sekelompok orang yang merencanakan dan mengatur jalannya sebuah event pada venue atau creative space.
Mengapa Creative Space?
Karena kegiatan yang disusun dan dirangkai oleh sebuah event planner terkadang tidak hanya membutuhkan venue yang sesuai, namun juga tempat yang memberikan ruang kreatif bagi komunitas dan orang-orang untuk berkreasi.
Kemudian, langkah apa saja yang perlu diperhatikan agar sebagai event planner, kamu dapat menyelenggarakan event yang sukses?
Berikut adalah beberapa rahasia sukses mengatur event di Creative Space!
- Tentukan visi dan tujuan acara
Dibalik setiap event yang sukses, pasti terdapat visi yang jelas. Sebelum merencanakan event, penting untuk menentukan visi dan tujuan acara. Visi tersebut akan menjadi fondasi yang kuat bagi kesuksesan event kamu. Pemahaman yang kuat mengenai visi dan tujuan acara akan menuntun segala proses perencanaan event.
- Kenali Ruang dengan baik
Langkah berikutnya yang perlu diperhatikan event planner adalah mengenali potensi kelebihan, serta keterbatasan dari creative space kamu. Informasi yang perlu diketahui sebelumnya adalah informasi kapasitas ruangan, aturan dalam event venue, seluruh fasilitas yang bisa digunakan, dan apakah harga sewa ruang sesuai dengan budget dan manfaat yang bisa diberikannya. Dengan mengetahui karakteristik venue atau creative space ini, kamu bisa merencanakan acara dengan lebih tepat dan detail.
Baca Juga: Get Creative with Layout at PIC Creative Space
- Pemilihan Tema
Tema merupakan salah satu poin penting berikutnya yang perlu diperhatikan event planner. Memilih tema event yang kreatif dan relevan dengan ruangan atau venue dapat memberikan arahan yang baik untuk konsep acara, dekorasi, suasana serta kesuksesan event. Salah satu kelebihan dan keunikan dari PIC Creative Space Jakarta adalah kami dapat menyesuaikan layout dan dekorasi ruangan sesuai dengan konsep tema dan ambience yang ingin didapatkan oleh event planner lho.
- Rencanakan dengan detail
Berikutnya, sebagai seorang event planner, kamu perlu merencanakan dengan detail keseluruhan acara, mulai dari susunan acara, estimasi waktu kotor dan bersih, flow kedatangan tamu/peserta/undangan, pengetahuan peserta mengenai akses menuju event venue/creative space, denah tempat duduk, flow pembagian makanan hingga runner event dan PIC dari setiap acara. Hal ini sangat penting untuk menghindari kebingungan selama acara berlangsung. Memperhatikan detail dapat meningkatkan angka kesuksesan event kamu, dan mengurangi risiko yang mungkin akan terjadi.
- Promosi Kreatif
Tips terakhir bagi event planner, gunakan strategi pemasaran yang kreatif, matang, dan direncanakan mulai jauh-jauh hari agar event yang telah kamu rencanakan dengan baik diatas mendapatkan atensi yang cukup dari masyarakat. Di zaman sekarang, banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk promosi demi kesuksesan event kamu.
Baca Juga: 5 Langkah Efektif untuk Promosi Event
Dengan menerapkan beberapa rahasia dan tips ini, PIC Creative Space Jakarta percaya bahwa event planner sekalian dapat menciptakan event yang sukses dan menginspirasi di venue yang tepat dan terbaik. Selamat merencanakan event kamu! Wujudkan mimpi kamu sekarang di PIC Creative Space, at Wisma Staco GF, Jakarta! BOOK NOW.